Transformasi Pajak Indonesia, Menuju Efisiensi dan Pelayanan Unggul melalui Business Directions DJP

Transformasi Pajak Indonesia, Menuju Efisiensi dan Pelayanan Unggul melalui Business Directions DJP


Jasa Konsultan Pajak – Konsultan pajak dapat membantu wajib pajak badan maupun suatu perusahaan untuk melakukan kewajiban perpajakan dengan semakin efektif dan efisien. Karena konsultan pajak seperti ini pastinya mempunyai wawasan yang luas dan pengalaman yang cukup untuk menyelesaikan berbagai kendala perpajakan. Tentu saja sebagai perusahaan atau badan usaha sangat penting untuk mengetahui berbagai kebijakan pajak yang berlaku bagi badan usaha pada saat ini. Seperti halnya mengenai pedoman utama reformasi perpajakan yang mana terdapat 10 Business Direction DJP.

Baca juga: Peran Penting Pajak dalam Jasa Freight Forwarding di Era Perdagangan Modern

Reformasi pajak adalah langkah penting untuk membenahi berbagai aspek yang berkelanjutan oleh DJP atau Direktorat Jenderal Pajak. Upaya pembenahan tersebut telah mulai dilakukan sejak tahun 1983 hingga saat ini. Sebagai upaya mencapai tujuan reformasi pajak yang semakin efisien dan efektif, maka Direktorat Jenderal Pajak telah melakukan perumusan arahan bisnis DJP atau 10 Business Direction DJP sebagai pedoman untuk mengembangkan Proses bisnis, badan usaha, serta modernisasi sistem kedepannya, diantaranya:

Streamlined Process

Proses bisnis perpajakan yang disederhanakan tentu saja akan lebih efektif dan efisien untuk mengurangi berbagai langkah manual yang tidak perlu dalam suatu proses. Penyederhanaan seperti ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi untuk memastikan kualitas hasil kerja tetap terjaga sekaligus menghilangkan duplikasi.

Customer Centric Approach based on User Experience

Arahan bisnis seperti ini dilakukan perancangannya untuk proses yang orientasinya adalah pada kemudahan penggunaan untuk wajib pajak ataupun pegawai Direktorat Jenderal Pajak, yang mana fokus utamanya adalah pada pengalaman pengguna.

Open Integrated System

Tentu saja ketika melakukan pengembangan sistem inti yang baru, maka harus bisa mengintegrasikan semua proses bisnis pada satu sistem informasi yang saling berkaitan. Sistem seperti ini juga harus terhubung dengan sistem informasi lain yang ada di sekitarnya, sehingga semua dapat terintegrasi secara keseluruhan, serta diharapkan bisa meningkatkan kemampuan analisis dan pelaporan.

Data Knowledge Driven

Dengan mempunyai sistem yang berbasis data terintegrasi seperti ini, dapat dipastikan bahwa layanan dan penyelesaian akan mempunyai kualitas dan kredibilitas yang semakin baik, analisis dan pelaporan pada internal maupun eksternal juga dapat berjalan dengan baik.

Digitized and Automated Process

Business Direction yang selanjutnya adalah tentang pengembangan Proses bisnis yang memanfaatkan digitalisasi sebagai upaya otomatisasi proses, hal ini Tujuannya adalah untuk memberikan peningkatan pada efisiensi operasional dan mengurangi kemungkinan adanya human error.

Enterprise Wide – Integrated View of Taxpayer

Sistem seperti ini akan memungkinkan Direktorat Jenderal Pajak untuk menyajikan informasi berkaitan dengan wajib pajak secara lengkap, sehingga memudahkan Pemantauan dan pengelolaan hak maupun kewajiban perpajakan.

Prudent and Accountable

Berbagai Proses bisnis yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pajak wajib memberikan penerapan pada prinsip kehati-hatian dan semuanya harus bisa dipertanggungjawabkan.

Risk-Based Compliance Approach

Ketika ingin melakukan pengambilan keputusan yang tepat, menentukan tindak lanjut yang bisa dilakukan, maupun mengalokasikan sumber daya dengan efektif, pastinya semua ini akan membutuhkan pemanfaatan pendekatan risiko.

Omni Channels and Borderless Service

Pengembangan Proses bisnis akan bisa memungkinkan layanan tersedia dengan melalui banyak saluran tanpa adanya batas geografis.

Centralized Key Capabilities in Centers of Excellence

Pemanfaatan keterampilan dan kemampuan utama yang terpusat supaya semua bagian Direktorat Jenderal Pajak bisa melayani dengan kualitas terbaik.

Dengan memberikan perancangan dan menerapkan 10 Business Direction DJP, maka pastinya Memiliki komitmen untuk menciptakan sistem pajak yang semakin efisien, modern, dan responsif bagi wajib pajak. Sebagai wajib pajak untuk bisa memahami kewajiban perpajakan tentunya merupakan hal yang mudah, untuk itu konsultan pajak hadir sebagai solusi bagi Anda yang berkendala dalam perpajakan.

Apabila Anda sedang menghadapi beragam permasalahan terkait pajak, konsultan pajak kami hadir sebagai solusi terpercaya dan profesional untuk Anda. Kami menyediakan layanan konsultasi pajak secara online yang dapat diakses melalui nomor kontak 082180008086 atau kunjungi halaman ini. Kami memahami pentingnya optimasi pembayaran pajak bagi bisnis Anda agar tidak memberatkan keuangan. Dengan bantuan konsultan pajak yang handal, Anda dapat memastikan bahwa urusan perpajakan bisnis Anda dikelola dengan efisien dan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan berkonsultasi mengenai berbagai aspek perpajakan yang Anda hadapi. Kami siap membantu Anda mencapai kepatuhan pajak yang optimal dan mengelola kewajiban perpajakan dengan lebih baik.

Comments are disabled.